Wednesday 6 July 2011

HANAMIZUKI (2010)

Well, at first gw ragu2 nih nonton nih film. Antara gw mw nonton hanamizuki dulu apa Nobody Knows ya? Perasaan gw serada gak enak gicyuuu dueeh soalnya~ *suara hati seorang kekasih LOL* Tapi gw kuatkan untuk ngeplay Hanamizuki terlebih dahulu. FYI, gw nonton nih film tuh di-pause mulu. Hahhahaa. Bukan karena gw sibuk, tapi menyempatkan diri untuk take a deep breath dulu dan menenangkan hati plus pikiran plus jiwa *lebeeiii*.

Adegan pertama diperlihatkan Sae Hirasawa (Yui Aragaki) sedang duduk di kereta sendirian menuju Kanada, tepatnya di Nova Scotia. Seorang anak bule nanya ke Sae kalo dia darimana dan mau pergi kemana. Sae bilang mau pergi ke a place where she belongs. Dia melihat sebuah poto yang di dalamnya ada dia dan ibunya di depan sebuah lighthouse (read : mercusuar). Lalu mulailah adegan flashback dari tahun 1996.

Diperlihatkan seorang laki-laki yang sedang menangkap ikan dengan para nelayan lainnya. Laki-laki tersebut bernama Kohei Kiuchi (Ikuta Toma nan gantengs xp). Yaps, he’s a fisherman or what we called nelayan deh ya. Kohei yang masih duduk di bangku SMA perikanan itu (kalo gak salah sih ya) menjadi nelayan karena ayahnya yang sifatnya keras itu juga berprofesi sebagai nelayan. Saat itu Kohei sedang terlambat ke sekolah dan emang lagi ada ujian. Pas di kereta menuju ke sekolah, di situlah Kohei bertemu dengan Sae. Pandangan mata Kohei langsung tertancap tertuju pada Sae seorang (rada sebel nulisnya.hahahha). Sae yang saat itu sedang belajar, engeh kalo dia lagi diliatin sama Kohei. Lagi Kohei pedekate, tiba2 kereta yang mereka tumpangin menabrak rusa (Sebenernya di subtitle ditulisnya deer, tapi gw liatnya kok kayak domba ya? Ah yasutralahyee gak penting juge). Sae yang turun dari kereta mati2an ngejar bus tapi akhirnya ketinggalan juga. Sar dan Kohei yang udah kenalan itu memutuskan nyari rumah terdekat untuk minta tumpangan. Tapi Sae melihat sebuah mobil truk mini (yahh mobil kap terbuka lah) terparkir dan meminta Kohei untuk ”meminjam” langsung dan mengendarainya karena memang si Sae udah ngerasa kepepet banget takut gak bisa ikut ujian masuk universitas. Yah, namanya juga Kohei belom ada driving license juga yah, dan ujung2nya mobil mereka nabrak peternakan lol. Dibawalah tuh mereka ke kantor polisi. Dan keterangan Kohei tuh menutupi si Sae, padahal kan Sae yang nyuruh minjem yakk. Tapi walau begitu, Sae didiskualifikasi dari ujiannya.

Well, kalo gw jadi Sae sih udah kecewa banget. Secara itu univ yang diidam2kan gitu. She got the brain tapi gak lolos cuma gara2 kejadian begini. Nyesek emang. Jadilah Sae sempet sebel gak jelas sama Kohei *apa sih lo XDD*. Tapi lama2 Sae jadi gak enak hati dan berterima kasih sama Kohei dan bla bla bla hubungan mereka jadi tambah deket. Mereka jadi sering pergi bareng dan akhirnya resmi pacaran pas Kohei nyipok Sae di mercusuar. Sae berjuang sekeras mungkin demi masuk universitas Waseda di Tokyo. Kohei pun mendukung Sae sepenuh hati walau di dalam hatinya juga ingin Sae gak lolos ujian supaya Sae bisa stay di sisinya selalu. Ternyata keberuntungan berada di Sae, ia lolos masuk universitas Waseda. Wahh sedihlah itu si Kohei waktu ngucapin selamat ke Sae. Dan pas Sae pergi, Kohei nggak nganter keberangkatan Sae mungkin karena perasaannya sedih yaa. Tapi mereka gak sengaja bertemu pas Kohei udah berlayar dan Sae yang tadinya udah naik mobil buru2 minta menepi. “KOHEEEII-KUUUNN!!! ITEKIMASSUUUUUUUUU!!!”. Tau Kohei ngapain? Dia bikin banner kayak bendera gitu yang bertuliskan “GOOD LUCK, SAE!”. AAAAAAAAHHHHHH…. BETAPA ROMANTISNYAAAAAAAAA…. Then mereka starting to have a LDR and chasing their pupose in life.

Sae berjuang di Tokyo hidup sendiri. Dia kampus, dia berkenalan dengan senpai nya yang merupakan mahasiswa tahun keenam di bidang fotografer. Kalo ga salah dia sampe tahun keenam gitu gara2 dia suka bepergian untuk keperluan fotografinya. Namanya Junichi Kitami (Osamu Mukai). Kitami senpai menaruh perhatian khusus ke Sae. Karena Kitami senpai ngebantu Sae nyari pekerjaan dan mereka nyambung dalam hal fotografi, dan Sae suka banget sama hasil poto2 Kitami yang selalu bertemakan ”children”, naah mereka jadi temen deket nih. Eng ing eeeng...si Kohei dateng jauh2 dari Hokkaido dan nggak sengaja liat Kitami dan Sae lagi asik ngobrol2 sambil becanda. Jeaaalouuss lah doi. Si Kohei ngambek gak mau makan dan ngediemin Sae dan akhirnya keluar dari restoran. Dan pas ntu, gak sengaja Kohei ditabrak dua orang gitu dan kotak bawaannya yang berisi hadiah buat Sae jatuh dan rusak. Wah, marah lah si doi. Berantemlah itu dia sama dua orang tadi. Dengan perkelahian tersebut, Kohei diajak Sae ke tempatnya buat ngebersihin luka Kohei. Dan disitu baru lah ketauan kalo hadiah yang sempet rusak tadi itu adalah mainan kapal2an dari kayu yang miriiiiiiippp banget sama kapal Kohei sewaktu ngeberangkatin Sae pergi. Lengkap dengan orang2an ‘Kohei’ dan banner ‘good luck,Sae’ nya. How super sweet it is!!!!!!!!!!!!

Trus setting tahun nya maju lagi, di tahun 2000. Sae selalu gak ditolak lamaran pekerjaannya. Ketemulah sama si Kitami, dan Kitami ngajak Sae untuk pergi bareng ke New York untuk kerja disana. Secara si Sae jago English kan tuh ceritanya. Di satu sisi, kapal ayahnya Kohei mengalami kebangkrutan. Beliau dililit hutang dan terpaksa ngejual kapal tersebut. Hancurlah mimpi Kohei, sampe ayahnya minta maaf gitu ke Kohei (sedih disini gue). Pas berlayar untuk terakhir kalinya, ayahnya kena serangan jantung dan meninggal di tempat. Jyaahh, dalam pikiran gw, ini si bapake udah kelilit utang malah ninggalin gitu aja. Antara sedih, kasian sama Kohei, n super sebel juga. Then Kohei nelpon Sae n ngasih tau kejadian yang dialaminya. Kohei yang sebelumnya bilang mau nyusul Sae berlayar ke Tokyo, bilang kalo dia gak bisa dan harus melepaskan mimpi itu. Dia harus stay selalu di sisi ibu dan adek ceweknya buat ngejagain n ngenafkahin mereka. Dan saat itu juga Kohei mutusin Sae (wenche seneng tuuuh xDDD). Sumpah di bagian ini gw super kasian banget sama Kohei. Tanggung jawabnya gede banget meeen. Harus lunasin hutang ayahnya, nafkahin ibu dan adeknya, jagain ibu dan adeknya. Super stress lah itu si Kohei *elus2 jidat toma*.

Scene berpindah ke New York. Nahhh ini nih scene yang gw suka. Yahh walo gw rada sebel sama Gakky, harus gw akui dia cantik banget pas jalan di kota NY dengan memegang a cup a coffee in her hands. Mengingatkan gw dengan adegan2 ala Gossip Girl *lol, di film2 holiwut lain sih banyak juga*. Dia kerja jadi kayak wartawati gitu deh. Di tempat kerjanya itu pula dia ketemu sama si Kitami. Dan gak disangka2 Kitami ngelamar Sae! Ihiiiiyyyy~~ Si Kitami berangkat ditugaskan ke Iraq (dan akan menikah dengan Sae begitu ia udah balik dari Iraq), dan Sae balik ke Jepang untuk menghadiri pernikahan temennya, Minami Nakamura (Eri Tokunaga).

Minami nikah dengan temennya Kohei. Tentunyaaaaaaaaaaa terjadilah reuni yang awkward di antara Kohei dengan Sae. Kenapa? Karena Kohei sudah menikah dengan seorang cewek yang bernama Ritsuko Watanabe (Misako Renbutsu). Ritsuko sendiri sebenernya jealous pas Kohei dan Sae ngobrol bareng. Dan benarlah, setelah itu Kohei dan Sae ketemuan lagi. Ampe puncaknya mereka pelukan karena masih tersirat sorot mata kerinduan di mata Kohei dan Sae. Pas pulang, Kohei berbohong ke Ritsuko kalo dia gak ketemu dengan Sae, padahal Ritsuko tau kalo Kohei lagi bohong. Nah disini gw kesel banget sama si Kohei. Ritsuko sampe nangis2 mukul Kohei, si Kohei ada dimana sih di saat mereka akan bangkrut lagi. Kalo gw jadi Ritsuko sih, udah jealous, sakit ati dibohongin, dah gitu sebel banget sama kelakuannya yang kesannya gak peduli sama kesulitan hutang cuma gara2 si Sae dateng kembali. Well, Ritsuko akhirnya minta cerai dan adegan Kohei yang lagi depresi dibarengi dengan news di televisi yang lagi dinyalain Kohei yang memberitakan kalau Junichi Kitami meninggal di Iraq.


Kohei yang sudah cerai dan Sae yang ditinggal mati Kitami. Saat gw kira perjalanan mereka udah mulus, ternyata masih ada lagi yang membuat mereka gak bisa bertemu. Bagaimana kisah mereka selanjutnya? Tonton yaaaa Hanamizuki.


Jaaaaahhh...gak terasa gw udah nyeritain 7/8 bagian di film ini. Saat gw dah mau nulis ke akhir, langsung gw rem karena akan jadi spoiler besar2an~XDDD. Bingung juga sih ini gw review ini film. Kalo gw cut dari awal, rasa2nya tangan gw gateeeell aje. Dan entah kenapa semua orang bilang abis nonton hanamizuki tuh pada nangis2. Kok gw enggak ya? Gw bukan bilang ini film ga bagus. Tapi mungkin gw kebanyakan ngepause kali ya~XDD Wuiihhh jarang2 lho Jepang bisa secara manis, indah dan hebat bisa nyelesein sebuah story yang cuma tentang cinta tapi gak bikin bosen. Apalagi settingnya dari tahun ke tahun. Gak dikit sutradara yang fail dalam nyetting dari tahun ke tahun. Tapi hanamizuki bisa mengatasinya. Gak terlalu draggy dan emang to the point. Poin plus lagi juga hanamizuki menghadirkan keindahan alam seperti laut, lighthouse, bunga. Dan yang paling gw suka tentunya Peggys Point Lighthouse, Nova Scotia di Kanada. Hanjiirrrr, enak bangeeettt kali ya duduk di paparan batu disana melihat indahnya laut biru. Well, sutradaranya sendiri ampe berterima kasih ke Gakky n Toma karena mau syuting capek2 jauh2 ikut mereka ke Nova Scotia ini. Arrghhh gw juga mau~~~~~~


Tapi secara jujur, gw lebih suka Sae-Kitami couple. Karena gw suka banget sama karakter Kitami senpai ini. Sayang kemunculan dia kurang yaaa...mungkin karena emang masalah time dan alur ceritanya yang cepat kali ya. Akting Gakky emang pas banget dah sama mukanya yang imut, apalagi adegan pas dia SMA. Yang paling gw heran adalah Toma. Gw terus2an bertanya, what the hell matter that makes you look different here,babe? Hmm…matanya yang lebih tegas?Tapi berbeda dengan dia di Maou deh. Rambutnya? Atauu..kulitnya yang agak item? Hahhahaa misteri ilahi deh yaa. Kemudian tentang bahasa. Pertama, bahasa Inggris. English Gakky disini jauh lebih bagus daripada yang main di Memoirs of a teenage amnesiac. Sebelum syuting, Gakky emang khusus belajar English biar pronounce dia gak keteteran dan gak aneh. And it’s good thing. Kedua, logat Hokkaido (or logat Nagano bukan sih?). Yang paling kental mah yang jadi ibunya si Sae. Gw jadi berpikir, ohhh begini toh logatnya~xDDD


Lalu soundtracknyaaaa~~~bagus bangeet. Gw kan suka banget sama instrument2 gitu. Rasanya adem kalo denger yang slow2 begitu. Hmm..lagu endingnya itu lagu Hanamizuki kan? Keren juga ya film yang terinspirasi dari sebuah lagu. Oh ya, itu yang jadi Minami tuh yang jadi K di Bloody Monday kan? Baru engeh XDD


Gw kasih penilaian 4,5 buat ni film. 0,5 gw ambil gara2 ga suka sama cipok mencipoknya Toma. Hahahahahhahhahahaha~~~

0 comments: