Monday 25 July 2011

[J-MOVIE] NOBODY KNOWS (DARE MO SHIRANAI)



Sebuah keluarga pindah ke apartemennya yang baru. Sang ibu yang bernama Keiko (You) dan anak laki-lakinya yang bernama Akira (Yuya Yagira) memperkenalkan diri mereka kepada tetangga mereka di bawah yang satu apartemen dengan mereka. Ternyata pas koper2 mereka diturunkan dari truk, ada 2 koper spesial yang dibawa ke rumah mereka dengan hati2. Begitu di dalam, baru lah dibuka, anak ketiga yang bernama Shigeru (Hiei Kimura) berumur 7 tahun dan anak keempat yang bernama Yuki (Momoko Shimizu) yang berumur 4 tahun, berada di dalam 2 koper tersebut. LMAO! Dan ada satu lagi, anak kedua yang bernama Kyoko (Ayu Kitaura) dijemput di luar. Jadi mereka berlima hidup satu atap dan tetangga hanya tau mereka cuma berdua di rumah itu. Dan rasa2nya alasan inilah yang mendukung pengambilan judul film Nobody Knows, tidak ada yang tau ke-eksis-an hidup anak2 tersebut.



Pada awal film, diceritakan bahwa keluarga ini hidup sangat bahagia walau berkecukupan. Keiko yang sangat memberikan kasih sayang pada keempat anaknya, di samping bekerja, dia akan bercanda tawa bersama dengan anak2nya. Bahkan dia membangunkan anak2nya malem2 cuma buat nyuruh anaknya makan makanan kesukaan mereka yg dibawa Keiko setelah pulang kerja. Sementara itu, pekerjaan rumah tangga diurus oleh Akira dan Kyoko dengan tanggung jawab penuh Akira. Hanya dua peraturan di rumah itu, jangan ada yang berisik atau teriak2an (terutama buat Shigeru yang terlalu lincah xDDDD) dan jangan ada yang keluar rumah, terkecuali untuk Kyoko yang mencuci baju (itu juga harus keluar diam2, liat kanan kiri atas bawah dulu LOL). Sedangkan Akira bertugas dalam mengatur keuangan, belanja di swalayan dan memasak. Sumpah deh, sampe gw iriiiiiiiiiii banget sama kedekatan mereka. Kalo mereka udah kumpul, becanda bareng tuh rasanya indaaaaaaaaahh banget.


Tapi keempat anak itu dilarang bersekolah oleh Keiko. Alasannya karena mereka tidak mempunyai ayah. Jadi takut mereka diledeki sama anak2 lain, trus juga Keiko bilang ga ada untungnya sekolah itu (astojim, ada yeee ibu yang begitu jalan pikirannye). Walau Akira dan Kyoko sering memohon untuk bersekolah, teteap Keiko melarang keras anak2nya sekolah. Maklum, mereka berempat adalah anak2 satu ibu tapi beda ayah semua. Nah lhooo, kebayang kaan ini si Keiko kerjaannya kayak apa.


Keiko seperti mulai berubah. Pertamanya, dia mulai pergiiiiiiiiii lamaaaa banget, ninggalin keempat anak mereka dengan tanggung jawab Akira yang ditinggalin duit doang. Trus balik lagi, lalu mulailah konflik di film ini, sang ibu benar2 pergi meninggalkan mereka,tentunya dengan janji Natal akhir tahun pasti dia akan balik, tapi tragisnya sang ibu tak pernah kembali, bahkan menengok anak2 tersebut. Lagi2 Akira diberi tanggung jawab penuh merawat adik2nya dengan hanya diberi uang pada awalnya.

Jelas, uang itu kemudian akan habis. Disinilah penonton diajak untuk melihat bagaimana perjuangan keempat anak ini bisa survive hidup dengan segala nature rules yang ada dan segala kekurangan mereka tanpa ada yang tau ke-eksistensi-an diri mereka di dunia. Bagaimanakah nasib Akira dan ketiga adiknya ini dalam bertahan hidup?



---------------------------

FIRST, gw awali dengan kalimat, "INI FILM WAJIB DITONTON!!!!!"
Sumpah ye, (maap curhat) sebelum gw nonton ini film, gw tuh lagi menimbang2 pengen beli 2 baju di online shop gitu,tapi setelah nonton gw tuh jadi rada ngenes sendiri dan gak napsu lagi lirik2 online shop (yaahh walo cuma bertahan 2 hari doang ROFLOL).
Dari awal gw baca resensi dan nonton filmnya, gw penasaran setengah mati, gimana ending ini film. Suer deh, gak kebayang endingnya bakal kayak apa dan pas tau endingnya serada bengong. Emang endingnya gak ada yang pas untuk film ini, terkecuali si ibunya balik lagi yaa. Tapi toh si ibu gak balik2 lagi, dan kalo kita berpikir panti asuhan, anak2 ini bahkan ga banyak yang tau tentang ke-eksistensi-an hidup mereka.

Trus kita dikasih liat bagaimana anak2 tanpa orang tua bisa hidup dengan segala masalah sosial dan keuangan mereka yang berujung ketragisan dalam hidup. Bagaimana gak gw sebut tragis? Nih sebut saja adegan Akira yang nungguin dikasih makanan sisa sama pekerja swalayan lewat pintu belakang hanya untuk makan. Atau mereka harus mandi pake keran air di taman dekat rumah karena air mereka udah distop dari pusat gara2 nunggak sedari lama. Atau krayon gambar Yuki yang udah mau habis udah tinggal seupriiiittt banget n tinggal 2 atau 3 warna doang tapi dia tetap meneruskan kesukaannya menggambar dengan krayon itu. Tragis, bukan?

Oke, karakter yang menonjol disini adalah Akira. Dari awal sampai akhir kita dibikin kagum dengan sosok Akira. Well, bayangkan anak 12 tahun udah bisa ngatur keuangan rumah tangga, belanja sendiri, ngatur adek2nya, masakin buat adek2nya, pokoknya hidup dengan beban tanggung jawab deh. Tapi di pertengahan film, kita akan sempat dibikin kesal sama Akira. Akira yang masih dalam masa pertumbuhan menjadi remaja, sempat melenceng melebihi batas. Karena keinginannya bersosialisasi dengan anak2 sekolah seusianya, dia berubah menjadi anak yang boros dan parahnya dia meninggalkan tanggung jawabnya terhadap adik2nya. Tapi untunglah dia insaf lagi. Hadeeeeeeehhh.

Trus gue cinta banget sama Shigeruuuuuuuuuuuuuu....Aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa......KAWAAAAAAAAAAAIIIIIIIIII...Entah itu maksudnya dia ada kelainan apa emang dia kelakuannya anak kecil banget (malah melebihi tingkat kelakuan anak kecil ala Yuki, sang adik), justru seperti angin segar bagi gue. Kemunculan Shigeru yang polosnya mintaa aaampuuun bikin gw semakin betah nontonnya. Sayang, pas gw cari castnya, foto2 ini anak kayaknya emang jarang, bahkan ga ada.

Lalu, dari semua adegan dramatis di film ini, ada satu yang bener2 gw suka dan bikin mulut gw ternganga. Pas Akira bangun2, ngedenger Shigeru yang tiduran di sampingnya sambil ngunyah.
Akira : "Lagi ngunyah apa?"
Shigeru : "..................."
Akira : "Lepehin."
Shigeru : *ngelepehin*
Akira : *mandang tangannya bekas lepehan Shigeru "Apa ini?"
Shigeru : "Kami (kertas)"
WHAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAATTTTTTTTTTT
Gila, gw langsung seakan nyesss banget, masih banyak orang di luaran sana yang gak mampu beli makanan dan bahkan malah kayak Shigeru, apapun yang bukan makanan malah dimakan.

Dan kalo anda berpikir ini film berisikan bintang ternama, anda salah. Terlepas peran You sebagai ibu, keempat anak yang menjadi center film ini malah adalah anak2 yang pertama kali main film. Malah mengantarkan film ini tampil dalam Festival Film Cannes 2004 dan nama Yuya Yagira terpilih memenangkan untuk kategori "Best Actor" di sana. Dan banyak award2 lain yang dimenangkan artis2 Nobody Knows ini. Di samping banyak kritikan sana sini tentang film ini, tapi gak bisa dipungkiri film ini memang keren banget.


Ternyata ini film diangkat dari kisah nyata. Dan pas baca kisahnya "Affair of the Four Abandoned Children of Sugamo", gw jadi kaget sendiri. Busett, gak kebayang deh gimana aslinya. Dan kejadian ini ampe santer diberitakan di media Jepang bahkan santer di media internasional. Gokil tuh ibunya. Parah banget dah.

Well, gw sih gak bosen nonton ini. Dan herannya gw gak rela ngepause film ini dan tetep nonton dengan serius. Karena gw suka dengan ceritanya yang unik dan juga gw suka banget film yang menyentuh tema keluarga. Jadi, gw kasih penilaian 5 buat film ini. Selamat menonton!

8 comments:

Bener gan, film ne asli keren banget,,, setelah melihat film ini rasanya tak ada lagi selera untuk menghambur-hamburkan uang berlebihan untuk keperluan yang tak penting..
lebih peduli dengan hal sekitar kita,, dan tentunya akan lebih sayang lagi pada adik, keponakan dan lainnya yang memang kita punya tanggung jawab juga pada mereka....

Dan 2018 saya baru nntn ini film hahahahaa, ajaib nya ini film adalah.... gw nonto film action, horor, drama (apalagi drama) itu bisa ketiduran krn gitu" aja cerita nya. Tp ini film ajaib bikin gw melek sampe jam 2 pagi nonton film ini.

Apa cuma gw yang nonton film ini gara2 perannya Yuya Yagira di GINTAMA LA sebagai Hijikata Toushirou(?)
Wkwkwk. Btw Film ini mmg keren bat dah. Awal nonton kaga tau kalo ini salah satu "best film" yg taunya karena ada peran Yuya sbg Akira.

hahahaaa sama cuuuyyy. sebenernya udah dari lama dikasih tau ada film ini. Tapi males karena ibunya nyebelin parah. Trus liat akting kerennya yagira di gintama, dan kepo2 ternyata dia yg maen ni film. Dapet award pulaa. Akhirnya w memutuskan menontonnya hahaha.

Film ni mengajak gw untuk lebih bersyukur untuk bisa menikmati hidup. Btw nice review gan!