Thursday, 25 August 2011

TEORI PERILAKU KONSUMEN (CONTOH IKLAN)


contoh iklan menurut teori perilaku konsumen :



Kepribadian Patuh :

Iklan CDC ini memberi ilustrasi sang ayah dan ibu yang menggendong anaknya, dimana jika orang tua sayang kepada anaknya, mereka akan memberi imunisasi dan vaksinasi kepada anaknya sejak umur 2 tahun. Iklan yang diperuntukkan orang2 berkepribadian patuh biasanya hubungan orang tua dan anak dan mengangkat tema kasih sayang.


(iklan asuransi Thailand yang sedih banget)

KEPRIBADIAN AGRESIF :

Orang2 berkepribadia agresif adalah orang2 yang selalu ingin merasa paling unggul, paling dikagumi, paling juara dan suka berkompetisi agar menjadi paling unggul. Di bawah ini adalah iklan Etude di Korea yang dibintangi Sandara 2ne1 dengan tagline WANNA BE SWEET? Dimana jika mau paling 'sweet' seperti Sandara dan dikagumi oleh pria2 yang ada di keliling Sandara, harus memakai Etude.


KEPRIBADIAN LEPAS :

Contoh iklan Freedom to Move milik Levi's. Dari tagline nya ini mencerminkan bahwa ada kebebasan dalam mengekspresikan setiap gerakan hidup anda jika memakai jeans Levi's. Cocok untuk orang2 berkepribadian lepas yang selalu menginginkan kebebasan, kelepasan dari tanggung jawab.

KERPIBADIAN INOVATIF :

Orang2 berkepribadian inovatif ini sangat menyukai sesuatu yang bisa ia dapatkan lebih duluan daripada orang lain, seperti kata2 "Be the first", "Pre order Now!", "Limited Edition" karena tidak mau ketinggalan jaman. Contoh iklan McDonald bekerja sama dengan Cadburry mengeluarkan McFlurry with Mini Eggs cadburry limited edition dan hanya bisa didapatkan saat Easter dan hanya ada di U.K. Lalu orang2 inventor suka mendatangi Grand Opening.





KEPRIBADIAN DOGMATISME :

Orang2 kepribadian dogmatisme, tipe2nya kaku terhadap produk2 baru. Dan cara untuk menarik orang2 dogmatisme ini untuk membeli adalah membuat mereka percaya, yaitu dengan menggunakan endoser terpercaya di bidangnya. Contoh : iklan pasta gigi Sensodyne yang menampilkan penjelasan dari Dokter Gigi langsung sebagai endosernya. Lalu iklan handphone T-Mobile yang bekerja sama dengan Fender membuat ponsel khusus untuk para pecinta gitar dengan menyabet Eric Clapton yg merupakan gitaris dan penyanyi yang handal sebagai endosernya.



KERPIBADIAN KARAKTER SOSIAL

Contoh iklan Beer Max, dimana dengan meminum ini beramai2 jadi lebih asik, dan dengan meminum beer ini tercipta kebersamaan. Dan juga iklan Honda 'One Heart', beramai2 naik Honda menjadi satu hati bersama yang lain.



KEPRIBADIAN UNIK :

Untuk orang2 kepribadian unik itu berani bergaya, berani tampil beda, tidak ingin sama dgn orang lain, seleranya unik berbeda, dan tidak takut dianggap aneh. Contoh iklan parfum Harajuku Fragrance keluaran Gwen Stefani. Harajuku identik dengan tampil beda dan super unik, bayangkan saja bagaimana harum parfumnya, cocok dengan penyuka Harajuku Style. Lalu juga iklan bantal pop pillows, dengan gambar yang unik cocok dengan org2 pecinta barang2 yang unik.



KONSUMEN DENGAN TINGKAT OSL TINGGI :

Contoh untuk produk BB Cream. Pada awal2 pemunculan BB Cream, sebenernya produk ini gak begitu terkenal. Karena dominan yg mengeluarkan produk BB Cream ini adalah kosmetik Korea. Tapi untuk konsumen dgn tingkat OSL tinggi, mereka akan berani mencoba2 produk ini yg katanya bisa membuat wajah kita seputih dan semulus artis2 Korea. Tapi akhirnya skarang2 ini BB Cream sudah banyak merk2 lain yang mengeluarkannya.


SENSATION SEEKER :

Untuk orang2 yang berkepribadian pencari sensasi, cocok dengan iklan Mitsubishi Yungas Road Bolovia. Tipe2 orang yang tidak takut akan bahaya. Sedangkan iklan Mitsubishi ini mengambil setting di World Most Dangerous Road di Yungas Road, yang mempunyai jalanan yang sangat sempit, tikungan tajam, sebelah jurang dan banyak memakan korban.




PERSEPSI WARNA :

Warna hitam untuk PARFUM iNSOLENCE ini menimbulkan kesan elegan.



0 comments: