Saturday 23 July 2011

[J-MOVIES] HEAVENLY FOREST / TADA, KIMI WO AISHITERU

Gw mulai untuk review Tada Kimi Wo Aishiteru atau artinya Just, Loving You dan judul internasionalnya adalah Heavenly Forest. Well, ijinkan gw untuk ngebersihin idung gw dari meler2 dan mata gw yang masih sembap.

Movie: Heavenly Forest
Romaji: Tada, kimi wo aishiteru
Japanese: ただ、君を愛してる
Director: Takehiko Shinjo
Writer: Takuji Ichikawa (novel), Kenji Bando
Producer: Toshiya Nomura
Cinematographer: Mitsuru Komiyama
Release Date: October 28, 2006 (Japan)
Runtime: 116 Min.
Studio: Toei
Distributor: Toei
Language: Japanese
Country: Japan

Cerita dimulai ketika Makoto Segawa (Hiroshi Tamaki) yang sedang ketiduran di bus dengan memegang sebuah surat (karena ketiduran, itu surat jatoh dari tangannya lol). Jangan bingung, karena film ini banyak pindah plot yang kadang kalo gak engeh bisa jadi mikir "Lho? Ini lagi flashback ya?". Penonton akan mendengar suara narasi Makoto yang mempunyai inti garis besar kalo 'you are good fooling me'. Yakk, apa maksud dari kalimat tersebut? Berganti dengan flashback yang perlahan - lahan menjawab semuanya.

Makoto yang berencana gak mau ikut acara penyambutan mahasiswa baru di universitasnya, malah ketemu Shizuru Satonaka (Aoi Miyazaki) yang dengan polosnya ngangkat tangan di pinggir jalan mau nyebrang, tapi gak bisa nyebrang gara2 ga ada mobil yang mau berhenti. Akhirnya Makoto ngasih tau kalo biasanya mahasiswa kampus nyebrang gak lewat zebra cross yang disitu, tapi di satunya lagi yang mesti jalan dulu. Dikasih tau gitu, Shizuru tetep ngotot mau nyebrang disitu dan nunggu ada orang yang baik yang mau memberhentikan mobilnya supaya Shizuru bisa jalan. Makoto sih geleng2 kepala dan malah memfoto Shizuru diam2. Mungkin karena ini orang unik bener yee jalan pikirannya. Udah gitu penampilannya juga unik minta ampun. Mahasiswi tapi masih dengan muka yang kekanak-kanakan banget. Imut en manis sihh kalo kata gue, malah gw suka banget sama mukanya, trus pakeannya itu lhoo gak nahan. Celana yang agak longgar di atas mata kaki, baju luaran yang agak panjang plus baju daleman berlengan panjang dan pake tas ransel pluusss berkacamata tebal. Rambutnya pun pendek ngebob, berponi dan kadang sedikit acak2an. Unik gilaaaaaaaa... hahahhahhaha.


Selanjutnya Shizuru ketemu lagi sama Makoto yang lagi sendirian lunch di kantin. Dengan polosnya Shizuru nyamperin, duduk bareng, makan bareng n ngajak ngobrol si Makoto yang orangnya kayak risih - risih gitu. Sebenernya Makoto bukan risih sama Shizuru, tapi karena dia minder, takut orang lain nyium bau nyengat obat salep buat luka di perutnya (yang kocaknya pernah di kelas saking bau nya tuh dosennya nyuruh tutup jendela karena ngira bau itu dari pabrik farmasi sebelah kampus LOL). Shizuru yang nyeplos - nyeplos dan suka makan siang biskuit donat kecil, ngajak Makoto temenan. Yahh begitulah cara temenan mereka, karena Makoto yg minder, gak enak nolak temenan sama Shizuru yang blak-blakan ngambek di depannya, akhirnya mau temenan sama Shizuru.


Makoto mempunyai tempat yang pengen ia tuju. Sebuah hutan yang telah ditutup dan telah dipagari. Nampaknya menarik bagi Makoto yang penyendiri itu. Suatu saat dia udah mau manjat masuk, kepergok Shizuru yang ngikutin dia. Akhirnya Shizuru ngikut manjat n masuk juga. Jadilah mereka berdua yang nemu hutan itu. Ternyata itu hutan cantiknya minta ampun, pluuuusss ada danau bersih yang bikin suasana jadi tambah tenang dan nyaman. Makoto yang hobi motret motret, langsung kleuarin kamera n jeprat jepret sana sini karena pemandangan disana indah banget. Pas mau foto burung kecil yang bandel terbang sana sini, Shizuru punya ide buat ngegantungin biskuit2 donat kecilnya di ranting2 pohon yang agak 'gundul' sebagai umpan (eh?emang ntu burung mau makan biskuit yakk?). Makoto yang ngegendong Shizuru di pundaknya agak heran si Shizuru ringan banget. Hahahahhaa.


Pas lagi makan sendirian di kantin, Makoto disamperin seorang cewek cantik dari kelasnya, Miyuki Toyama (Meisa Kuroki). Yang disapa malah kaget syok gak keruan. LOL. Ya iyalah, Miyuki yang cantik, lembut, anggun, feminin, pandai bergaul, dewasa, wah pokoknya sempurna banget dah. Pantes Makoto ampe kaget gitu, di kelas pun sebelumnya si Makoto udah ngelirik2 Miyuki dari bangku belakang. Miyuki ngajak Makoto untuk makan bareng - bareng sama temen2 yang laen. Pindah lah si Makoto gabung sama temen2nya Miyuki yang juga temen sekelas Makoto. Di kumpulan itu, Makoto nyadar ada banyak 'cinta tersembunyi' di sana yang bisa dibaca jelas oleh Makoto. Pas Makoto ngeliatin Miyuki, tiba2 Shizuru dateng. Wuahhh, ngambek lah si Shizuru. Padahal Shizuru udah bawa kamera sendiri biar diajarin fotografi sama Makoto. Ya, bahkan gw sendiri bisa menebak dengan hanya kamera Shizuru disorot. Shizuru pengen deket sama Makoto dengan belajar menyukai hobi Makoto.


Tapi biar bagaimana pun Shizuru ngambek, pasti luluh lagi kalau Makoto ngajak bicara lagi (yahhh begitulah kalo wanita sudah jatuh cinta xDDDD).Akhirnya si Makoto ngajarin Shizuru fotografi dan bisa dibilang hasil jepretan Shizuru gak kalah bagusnya sama hasil jepretan Makoto. Makoto ngajak nyuci hasil jepretan mereka di dark room di kontrakan Makoto. Gokilnya, obat salep Makoto kepergok sama Shizuru. Tuh cowok sampe buru2 rempong masukin ke kotak obat biar gak diliat-liat Shizuru, tapi dengan senyumnya yang lebar Shizuru bilang gak apa2, dia mengerti, seinget gw si Shizuru bilang itu obat cowok gitu deh xDDDDDD.


Makoto liburan bareng temen2 barunya. Dan dia semakin suka sama Miyuki yang ternyata lebih seksi dari dugaannya (dasar cowok..ckckck). Pas ngumpul di kampus sambil liat foto2 liburan, ada foto Makoto n Miyuki berdua. Miyuki (yang kalo kata feeling gue nih ya) mancing bilang apa ini gak apa2? Soalnya takut pacar Makoto marah. Makoto bersikeras bilang kaga. Dan pembicaraan ujung2nya menjurus ke cewek yg sering terlihat jalan berdua sama Makoto, yapp Shizuru. Makoto lagi2 bersikeras kalo mereka just friend doang. Temen2nya pada ngehina2 gitu. Dibilang weirdo gitu intinya. Dan super bego nya, si Makoto tuh gak belain Shizuru. Nahhh ternyata shizuru ngeliat. Merasa bersalah lah itu si Makoto. Makoto ampe nyusul Shizuru pergi ke hutan biasa. Shizuru ampe nangis2. Shizuru bilang dia gak apa2 dikatain weirdo. She's used to be called lyk that. Yang bikin dia sakit hati, kenapa Makoto bersikeras banget bilang JUST FRIEND, seakan nyangkal kalo mereka adalah temen deket. Trus kenapa Makoto gak belain dia. Tapi yg namanya sama orang yang disuka gitu yah, ujung2nya si Shizuru baik lagi. Eeeeeaaaaa.


Ditambah lagi Makoto ngajak Miyuki pergi ke hutan mereka. Shizuru ngambek minta ampun. Shizuru marah karena hutan itu udah dianggap tempat penting khusus bagi mereka berdua aja. Shizuru ampe banding2in dirinya sama Miyuki, yang keliatan banget kalo dia lagi cemburu. Tapi akhirnya Shizuru deket sama Miyuki gara2 kalung dengan batu amethyst yg dipake Miyuki. Ealah. Makoto pun bingung banget, dan satu kalimat yang bikin gw nyesss banget. Dengan senyum lebar shizuru bilang "I just wanna the person I love, to fall in love, with the person he loves." Ini sampe gw pause, trus gw resapi kalimatnya. Nyeeeeeeeetttt, SHIZURU TOP MARKOTOP!!!


Shizuru ketemu sama Makoto di perpustakaan gitu kalo ga salah. Ternyata Shizuru kabur dari rumah. Dan entah kenapa Makoto nawarin shizuru tinggal di rumahnya. Dari situ, Makoto baru tau kalo shizuru kabur gara2 berantem sama ayahnya, dan adeknya meninggal karena penyakit langka turunan ibunya. Jadi tinggalah dia dan ayahnya survivor, karena shizuru bilang dia dapet gen ayahnya. Makoto juga baru tau kalo Shizuru jago masak dan bisa makan makanan lain selain biskuit donat kesayangannya. Dodol dah. Trus Shizuru juga semakin blak blakan dalam menyatakan perasaannya. Kayak Shizuru mencak2 gara gara si Makoto yang yang gak 'ngapa2in' dia padahal mereka tinggal bareng. Aduh gablek dah. Shizuru ampe ngedumel "Kalo gue udah jadi cewek cantik, jangan nyesel ye karena dulu gak mau tidur sama gue". Muahahahahahhahhahaha. Terang aja Makoto sampe geleng2,ketawa-ketawa sendiri.

Setelah nemenin Miyuki pergi ke pameran wedding dress sebagai hadiah ultah Miyuki, dia baru sadar kalo dia juga belom tau ultahnya Shizuru dan nanya mau dikasih kado apa. Lagi2 secara blak2an, Shizuru minta a kiss dari Makoto. Soalnya dia mau jadiin 'lover's kiss' sebagai tema perlombaan fotonya nanti dan mau ada foto mereka kissing. Dia juga bilang dia bakal dying in happiness dengan ciuman Makoto. Dan yang lebih bikin Makoto syok, Shizuru bilang "Make it tomorrow!". DOEEEEENG.


Akhirnya pagi2, di deket danau, Makoto nyium Shizuru. Dan setelah ciuman, Shizuru nanya "Hey Makoto, adakah walau sedikit perasaan cinta di dalam ciuman tadi?". Makoto malah kagok n gak jawab pertanyaannya. Sempet dodol ngeliat tampang Makoto yang absent minded sepaaaaaaaaaaanjang hari gara2 mikirin ciuman tadi pagi. Well, bagi Makoto (dan juga Shizuru) cipokan tadi merupakan first kiss nya. Hahahahhahahahahaha.

Tapi setelah itu Shizuru menghilang dari kehidupannya. Dia meninggalkan rumah Makoto dan bahkan mengundurkan diri dari kampus. Makoto pun nyusul ke rumah Shizuru tapi nyatanya nihil. Shizuru bagaikan hilang ditelan bumi tak ada kabar. Makoto yang agaknya mulai suka sama Shizuru, memilih menunggu Shizuru balik.


2 tahun kemudian, Makoto nyusul ke New York dengan berbekal surat dari Shizuru. Ternyata Shizuru udah nyiapin pameran foto khusus untuk Makoto. Selain foto2 hasil jepretannya yang bertemakan senyuman orang2 di dunia, tapi banyak foto2 yang membuat Makoto syok setengah mati.


Jadi bagaimanakah nasib mereka selanjutnya? Berhasil bersatu kembali? Atau Makoto justru jadi bersama Miyuki yang merupakan roommate Shizuru selama di New York? WAAAAJIB TONTON YAAA. LOL

--------------------------------------------

Lagi2 nampaknya gw ga bisa nyingkat cerita kalo untuk film. Susyaaahhh booo nyetopnya.

Awalnya ini film gw gak sengaja baca resensinya. Tertarik banget lah gue. Trus gw coba cari sumber resensi lain yang juga ngebahas film ini. Dan makin jatuh cintrong lah gueeeeeee. Apalagi ada temen twitter gw yang bilang banjir aer mata abis nonton ini. Blaaaaahhhh, akhirnya gw pasrah menunggu pesenan dvd gw dateng.

As I said before, jarang2 film Jepang bisa ngangkat tema cinta dengan sukses. Cinta tok ya. Jadi cinta bukan sebagai unsur pelengkap, tapi sebagai cerita utama dan satu2nya tema untuk film ini. Dan kalo mau jujur, banyak kok cerita tentang cewek yang suka sama seorang cowok dan berubah total setelahnya. Salah satunya ya kayak film Crazy little thing called love. Apa mungkin karena ceritanya yang gak lebay jadi bikin betah, entahlah. Tapi gak ada antagonis segalam macem dan gak ada mesti deg2an atau mesti berpikir keras, dan mengalir secara nyata.Tapi...kenapa mesti endingnya begituuuuuuuuuuu.. Ahhhhhhhhhhhhhhhhhhh rasanya gateeeeell kalo mereka belom bersama. Oopps. Spoiler? Ah sebodo amat. Gw rasa twist film ini udah bisa ketebak sama penonton. Well, mungkin ada yang bisa nebak, ada yang kaga. Tapi yang gw baca, sebagian besar udah bisa pada nebak. Serius deh, twist begitu kayaknya biasa banget kan yah? Tapi entah kenapa gw merasa ikut terharu aja. Call me a crybaby, tapi emang kita dibikin gemes sendiri sama hubungan Makoto-Shizuru.


Aoi Miyazaki sumfaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhh imut tingkat akuuuuttt. Terakhir2 cantik bangeeeeeeeeettt. Gw liat dia si snow virgin kok biasa aja ya? Padahal disini gw suka banget sama dia yang meranin Shizuru. Senyumnya itu lhoooo... en kayaknya polos2nya pas bangeeet gituh. Manyun2nya, ngambek2nya, aaaaaaaa kawaaaaaiiii~~ (oke, sekali lagi, atashi wa lesbong jyanai! lol). Pantes aja waktu adegan yang lumayan rada lama gak ada kemunculan Aoi nya, jadi kerasa agak hampa. Trus Hiroshi Tamaki. Hmm...jujur sebelum nonton ini, gw nonton dvd KIDS yang diperanin Teppei n Tamaki. Jreng jeeng. Rasanya kebanting cuuuuuuuyyyyyyyyyyyy. Disini Tamaki jadi cowok keren idaman tapi orangnya minder. Dan lebih jujur lagi, bayang2 Chiaki senpai masih mengikuti dia. Aduhhh, sebenernya pantesan gablek2 ala chiaki senpai begitu sih daripada yang risih risih ala minder begini. Mana ada si Koisuke Koide juga pulak di film ini. Hahahhaa, makin ancur bayangan gue. Tapi gak apa apalah.

Well, selain itu heavenly forest mereka itu bener2 indaaaaaahhh banget. Kalo di kita mah ya, kalo udah ada hutan, trus ditutup gitu mah pasti ada apa2nya deh (kebanyakan nonton pilem horror). Tapi rada aneh juga ya kalo hutan yang bagus gitu malah ditutup untuk umum. Super bersih pulak, kayak dirawat banget. Yahh namanya juga buat film eta mah ya. Tapi suerr deh, indah bangeeeeeeeeeettt. Apalagi scene ciumannya. Jadi lebih kerasa indah. Dan karakternya juga lebih nyata. Gak harus yang cowok super ganteng dan diidolakan banyak orang banget. Dan bukan punya rahasia kelam kayak apaan tau tapi cuma minder karena punya luka yang gatel di perutnya. Dan peran Shizuru juga kadang kocak, dan selalu punya kalimat2 yang bikin kita berpikir dan ternyata ngena banget di hati. Seperti yang tadi di awal gw bilang, gak ada jahat2an disini, semua mengalir dengan adem ayem, hanya emosi perasaan kita serasa dibawa untuk mengerti keadaan Shizuru. Dan ternyata Shizuru ngecandid Makoto diem2 tanpa sepengetahuan Makoto, bikin hati gue jadi MEWEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEK.

FYI, ini based on novel karangan Takuji Ichikawa, yang juga nulis Ima, Ai Ni Yukimasu. Ealaaaahhh, pantes roman2nya sama. Kisah cinta yang indah dan pure.

Oya satu hal lagi, kalimat yang diucapin Miyuki.
"You hold a happiness for another person in your hands. Somewhere in the world, a girl is waiting to receive that happiness. So you have to make surethat girl gets happiness that you hold."
"Shizuru really received that happiness"


Yuk dah, gw rekomen 4,5 buat film ini. Berani sih gw kasih 5. Tapi keburu kebayang2 peran chiaki senpai booooooo. Hahahahahahhaa. Enjoy the film.

8 comments:

Gw cowok, gw gak suka endingnya, bikin gw nangis, karakter shizuru yang lucu dan imut ngangenin, eh pas kangen2nya malah dikabarin meninggal, gw kira malah ketemuan mereka di new york. itu kan bikin gw frustasi namanyaaa. -_-

Ini versi lain dari movie renai sashin, nama2 karakter utamanya sama, tp twist ceritanya beda, endingnya hampir sama, cewenya sm2 mati, tp di renai sashin lebih kayak tragedy mistery gitu, krn ceweknya mati dibunuh

Wah ending gak nahan gan.
Gue kira bakal ketemu terus happy ending

Wah ending gak nahan gan.
Gue kira bakal ketemu terus happy ending

Benar benar sedih endingnya air mata Sampai gak bisa ditahan lagi

Baru pertama kali saya nonton film Jepang dengan genre romance seperti film ini, rata rata/banyak yang saya nonton film Jepang yang genrenya romance, jujur saya nda pernah nangis (rasa sedih ada, tapi nda pernah sampai KELUAR AIR MATA), nahh pasnya teman rekomendasiin ntu film “HEAVENLY FOREST” saya search dan saya download, setelah download langsung dinonton (kata temen bagus). Padahal dalam hati saya (alah paling sama seperti film film romance yang lain). Duduk anteng pakai headseat nonton. Iya di pertama film saya pikir, loh kayak kondo filmnya, tapi emang acting Shizuru sangat luar biasa!!!!!! Nah pasnya ada Shizuru ngomong “Aku ingin orang yang aku cintai, mencintai orang yang dicintainya” nah disitu saya ada bayang bayang seperti waduh bahaya ini film, lanjut nonton, pasnya kena scene dimana Makoto pergi ke pameran studionya shizuru, pas di foto besar cewe cantik Like an angel berpose, disitu saya teringat akan kekonyolan Shizuru di awal film, cara dia mencintai Makoto, cara dia rela cintanya bertepuk sebelah tangan, dan pada saat Shizuru mengatakan “SAYA AKAN MATI BAHAGIA JIKA MAKOTO MAU MENCIUM SAYA” OMG ampun, disitu mulai nangis perlahan keluar air mata. Bukan cuma disitu saya nangis, malah tambah nangis akunya pas Adegan dimana Makoto melihat foto mereka berdua berciuman dan disampingnya ada Tulisan “ IT WAS THE ONLY KISS, THE LOVE I HAVE EVER KNOWN” ,disitu saya wahhh nangis seperti maybe kehilangan sesuatu yang paling berharga dan sesuatu itu tidak bisa didapatkan kembali. Pokoknya ini film sudah jadi film dengan genre romance favorite sepanjang hidup saya lah. “SHIZURU YOU’RE THE BEST”

Alurnya jahat banget, kasih kesempatan mreka ketemu skli lagi kek, baru si cewe pergi.. eh ini malah cuma bisa mandang lewat foto :')

Keren banget si filmnya 👍🏻